09 Oktober, 2009

Dibuka Hu Jintao, Dihadiri Murdoch

Radar Banyumas, 09 Oktober 2009


BEIJING - Pagi ini tepat pukul 09.00 waktu Beijing, World Media Summii (WMS) yang baru pertama dihclal dibuka Presiden Tiongkok Hu Jintao. Hingga kemarin semua persiapan menjelang pembukaan even yang dijuluki sebagai "Olimpiade Media" tersebut tampak lancar.

Tercatat lebih dari 100 media 3sing dan sekitar 40 dari Tiongkok yang mencakup cetak, elektronik, maupun online, mengirim perwakilan ke ajang yang berlangsung dua hari itu. Para founding fathers WMS yang rata-rata bos kantor berita dan media besar satu per satu tiba dan menginap di Hotel Beijing. Lokasi hotel itu di Chang An Avenue 33, kira-kira satu kilometer dari lapangan Tiananmen.

Mereka di antaranya, Presiden Associated Press Thomas Curlcy, Presiden Kyodo News Satoshi Ishikawa, dan Chairman sekaligus CEO News Corporation Rupcrt Murdoch. Murdoch menginjakkan kaki di Beijing kemarin. Termasuk Chairman Jawa Pos Group Dahlan Iskan yang hadir sejak Rabu lalu (7/10) juga diinapkan di hotel legendaris itu


"Ini semua menunjukkan insan media di seluruh dunia sepakat tentang pentingnya forum ini," kata Li Congjun, presiden Kantor Berita Tiongkok, Xinhua. yang bertindak sebagai luan rumah dalam siaran persnya kemarin. Liu Jiawcn. kepala Press Center WMS, juga menyebutkan bahwa ajang yang dipusatkan di Great Hall of ihe People di Beijing tersebut bakal diliput sekitar 300 reporter dari kurang lebih 70 negara.

Dari ratusan jumalis itu, wartawan Jawa Pos Leak Kustiya mendapat kehormatan menjadi pcliput pertama yang melakukan registrasi untuk mendapatkan ID Card. Upacara kecil-kecilan pun digelar panitia. Leak dihadiahi sejumlah buku dan beberapa suvenir. Beberapa fotografer pun mengabadikan momen "buka dasar" (meminjam istilah penjual sayuran di pasar Keputran, Surabaya) di pagi yang dingin bersuhu 19 derajat


Celsius itu.

Jawa Pos memang memandang penting even yang membahas berbagai isu krusial yang dihadapi media sekarang ini." kata Leak yang juga Pemimpin Redaksi Jasva Pos tersebut. WMS edisi pertama ini bertema Tantangan, Kooperasi, Aksi. Saling Menguntungkan, dan Pengembangan. Tema ini dipilih seiring kian besarnya tantangan media, baik cetak, elektronik, maupun online, di zaman yangscrbadigital dan multimedia sekarang ini.

UAIS sendiri dibidani enam bos media besar dunia yang bertemu di Beijing di sela penyelenggaraan Olimpiade 2008 lalu atas undangan Li Congiun. Mereka adalah Li (presiden Xinhua), Murdoch (chairman News Corporation), Curlcy (presiden AP), David Schlcsingcr (cdi-tor-in-chicf Reuters). Ishiknwa (Kyodo News), dan Mark Thom pson (direktur BBC), (ttg/lea/iro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar